Sabtu, 05 November 2016

PABRIK ES KOMERSIAL LAPORAN SISWA SMK

" PEMBUATAN ES BALOK (PABRIK ES KOMERSIAL)"

Teman-teman tahu gak cara pembuatan es besar berbentuk balok yang sering kita lihat di pasar atau gudang perikanan ? mau tahu cara pembuatannya ? yuk.. simak artikel yang satu ini

  

Hasil gambar untuk ES BALOK

Proses produksi Es balok diawali dari pengambilan bahan baku berupa air dengan syarat bersih, tidak berbau dan berwarna, pH sebesar 7. Air dihisap dari sumur artetis dan dilairkan ke dalam water tank  sebagai persediaan kemudian dialirkan ke dalam bak penampung. Fungsi bak penampung selain sebagai tempat persediaan juga digunakan sebagai media pengendapan kotoran yang dibawa oleh bahan baku, sehingga ketika di proses kotoran tidak ikut terproses. Pengendapan air biasa dilakukan selama 2 hari sebelum akhirnya dapat digunakan. Dari water tank air dialirkan ke dalam fill tank, dapun fungsi dari fill tank sebagai tempat penampung bahan baku yang telah siap digunakan.
  • Derek (katrol pengangkut)
Setiap derek (katrol pengangkut) berlaku untuk satu line bak dan 1 (satu) fill tank pengisian cetakan es balok. Dari fill tank air tuangkan ke dalam cetakan, kapasitas cetakan sebesar 25 kg dan 50 kg. Pengisian cetakan dilakukan pada tiap Rey yang memiliki jumlah cetakan berbeda-beda.
  • Bak Pendingin (Braine Tank)
Setelah dilakukan pengisian proses berikutnya adalah perendaman cetakan dalam bak pendingin diamana dalam bak pendingin telah terisi air garam. Kadar viskositas air garam dalam bak penting diperhatikan agar proses pembekuan berlangsung optimal. Pengukuran kadar viskositas dilakukan menggunakan baume-meter secara berkala. Pada setiap bak pendingin terdapat agitator untuk menyirkulasikan air garam.
  • Pemasangan Blower
 Pengunaan blower dilakukan minimum selama 12 jam maksimal 16 jam untuk es balok 50 kg dan minimun 8 jam maksimum 12 jam untuk es balok 25 kg tujuannya menyirkulasikan air dalam cetakan sehingga produk yang dihasilkan berwarna bening (transparan) seperti kaca. Setelah blower diangkat, ditambahkan  air pada cetakan, hal tersebut dikarenakan bahan baku mengalami penyusutan volume selama masa sirkulasi sehingga bahan baku yang berupa air perlu ditambahkan untuk memenuhi kapasitas cetakan kemudian cetakan kembali direndam dalam bak pendingin hingga proses pembekuan selesai.
  • Proses Pembekuan
       Pembekuan terjadi secara tidak dengan media amoniak (NH3) sebagai refriegrant. Pendinginan dilakukan dengan menyirkulasikan amoniak (NH3). Sirkulasi diawali dengan menghisap amoniak (NH3) dari evaporator menuju kondensor dengan menggunakan kompresor pada proses ini amoniak (NH3) dalam keadaan bersuhu tinggi, aliran ini melewati oli separator yang berfungsi memisahkan oli yang dari mesin kompresor yang terbawa amoniak (NH3) ,kemudian amoniak (NH3) dialirkan menuju kondensor, di dalam kondensor terjadi perpindahan panas dari sistem ke lingkungan yang menyebabkan suhu amoniak (NH3) turun dan tekanan menurun. Dari kondensor amoniak (NH3) dialirkan ke dalam receiver. Receiver berfungsi menampung amoniak (NH3) sehingga menyebabkan tekanan menjadi lebih tinggi kembali sebelum dialirkan ke eveporator, dimana dalam evaporator terjadi proses perpindahan panas dari lingkungan ke sistem yang menyebabkan lingkungan bersuhu rendah. Letak evaporator berada di bawah bak pendingin (braine tank) proses ini dibantu oleh air garam yang menjadikan suhu menjadi lebih rendah yaitu -120C hingga -140C. Sebelum menuju kompresor amoniak (NH3) melewati sunction strap untuk memisahkan amoniak (NH3) yang berbentuk uap dan cair, amoniak (NH3) yang berbentuk cair akan terkumpul dalam accumulator untuk dikambalikan kedalam evaporator amoniak (NH3) yang berbentuk gas dihisap kembali oleh kompresor untuk dilakukan proses yang sama.
  • Pengangkatan
   Setelah proses pembekuan selesai, cetakan es diangkat dengan menggunakan mesin derek dan direndam ke dalam bak air tawar sambil menggoyang-goyang cetakan agar balok es dapat lepas dari cetakan, setelah lepas dari cetakan produk berupa es balok diangkut ke dalam truk untuk selanjutnya dikirim kepada pelanggan.
 Anda kurang jelas dalam mempraktekkan artikel ini, silahkan komentar dibawah ini :)

2 komentar:

  1. Menjual berbagai macam jenis Chemical untuk Boiler,cooling tower chiller dan waste water treatment untuk info lebih lanjut tentang produk ini bisa menghubungi saya di email tommy.transcal@gmail.com
    WA:0814-1084-9918
    Terima kasih

    BalasHapus
  2. KAMI MENJUAL COLD ROOM TAU RUANGAN PENDINGIN , COLD ROOM SENDIRI ADALAH RUANGAN ATAU GUDANG YANG DI RANCANG KHUSUS UNTUK MENYIMPAN PRODUK MAKANAN , MINUMAN DAN YANG LAINYA DALLAM SUHU RENDAH DAN TERKONTROL . DENGAN SISTEM PENDINGIN YANG KUAT , ISOLASI INTERNAL YANG BAIK , DAN PENGATURAN SUHU YANG TEPAT ,COLD STORAGE MEMAINKAN PERAN PENTNG DALAM MEMPERTAHANKAN KUALITAS DAN KESEGARAN PRODUK YANG INGIN DISIMPAN . 
    HUBUNGI KAMI UNTUK INFO DAN DETAILNYA
    CV. BAHAGIA SUKSES MAKMUR  – COLD STORAGE
    Ruko Cendana Raya 15A Bencongan Indah Karawaci Tangerang
    HP / WA : 0819-7700-0899 , 0819-9600-0567
    SENIN s/d SABTU BUKA JAM 08.00 s/d JAM 16.30 WIB
    MINGGU / HARI BESAR DENGAN PERJANJIAN 
    https://jualcoldstoragetangerang.blogspot.com/
    https://wordpress.com/home/jualcoldstorage.wordpress.com
    https://medium.com/@jualcoldstorage
    https://www.facebook.com/profile.php?id=61565602381035
    https://www.facebook.com/profile.php?id=61565177085490
    https://x.com/jualcoldstorage
    https://www.pinterest.com/jualcoldstorage/
    https://coldstorage1106.wixsite.com/my-site-1

    #coldstorage#pendinginmakanan#pendingindaging#pendingin#hargamurah#jualpendingin#jasapembuatanpendinginproduksi#jakarta#bali#tangerang#bandung#cikupa#wonosobo#coldstoragejual#murahmeriah#balaraja#surabaya#makasar#karawang#cikarang#anyer#pabriknuget#pabriksosis#kalimantan#balikpapan#kutai#bugis#jasapembuatancoldstorage#jualcoldstoragemakanan#temperarursuhu#custom

    BalasHapus