Sabtu, 05 November 2016

CARA MENGGANTI COMPRESSOR PADA KULKAS DENGAN MUDAH



"MENGGANTI KOMPESSOR DENGAN MUDAH"





              Pengantian compressor kulkas freezer chiller showcase harus mengerti dulu kapasitas yang akan 
diganti sebelum melangkah ke sistem pergantian, dalam hal ini kita harus mengetahui kapasitas / PK Compressor. Sebaiknya anda mencatat kode/type lemari es tersebut lalu anda tanyakan pada showroom merk lemari es tersebut, karena ukuran 1 2 atau 3 pintu ada bermacam-macam ukuran, Ukuran kulkas yang sering di pakai dari berbagai merek adalah 1/8pk, 1/6pk, 1/4pk dan 1/3pk. Bila compressor yg akan anda ganti kapasitasnya kebesaran atau kekecilan akan membuat kinerja lemari es tersebut bekerja tidak maksimal dan mempengaruhi keawetan itu sendiri. 
            
            Hal yang perlu anda ketahui dalam proses pengisian gas freon pada lemari es, tidak semudah melakukan pengisian freon pada AC Split ataupun AC Window, ini dikarenakan lemari es menggunakan pipa kapiler yg ukurannya berbeda dengan pipa kapiler yg digunakan pada AC Split dan AC window. dengan pipa kapiler yg berukuran kecil membuat rentan terhadap kebuntuan aliran freon jika ada kotoran yg terbawa pada saat freon mengalir. Sebaiknya ganti strainer/filter dan pipa kapiler dengan yg baru bila anda ingin mengisi gas freon yang bocor atau mengganti compressor yg rusak dengan compressor yg baru.

            Adapun alat yang dibutuhkan dalam proses pengantian compressor kulkas adalah sebagai berikut : 1. Stang las dan alat pengelasan yaitu tabung lpg dan tabung oksigen. 2. manifold. 3. freon R12, atau freon R134A tergantung pada data spesifikasi yg ada pada lemari es. 4. pentil pengisian freon. 5. perak/kawat las tembaga atau las kuningan. 6. pemotong pipa/cutter 7. flare-nut/flering 8. tools/kunci perkakas Compressor kulkas ada 2 macam modelnya, yaitu : 1. Compresor piston 2. compresor rotary - compressor piston banyak dipakai pada lemari es satu pintu dan dua pintu, tapi pada lemari es dua pintu ada juga yg memakai compressor jenis rotary, dalam hal kwalitas sudah jelas compressor jenis pistonlah yg paling handal dibandingkan dengan compressor jenis rotary. saya pernah mengganti compressor lemari es dengan jenis rotary, pada hari pertama sampai hari ketiga, lemari es tidak ada masalah(dalam keadaan dingin/normal). pada hari keempat lemari es mengalami kebuntuan aliran freon pada pipa kapiler yg menyebabkan compressor rotary mengalami kerusakan pada bagian klep compressor. mau tidak mau saya harus mengganti compressor yg rusak itu dengan compressor yg baru kembali. tapi tidak saya ganti dengan type compressor yg sama, saya menggantinya dengan compressor berjenis piston walaupun saya harus membuat dudukan tambahan karena ruang dudukan compressor rotary yg begitu sempit. karena compressor rotary pada lemari es berbentuk tabung dan berposisi horizontal dalam penempatannya. compressor piston pada lemari es, pipa keluarannya ada yg tiga buah dan lima buah. adapun pipa-pipa yg keluar tiga buah adalah: Pipa tekan/discharge. Pipa hisap/suction. Pipa untuk pengisian freon. pipa-pipa yg keluar lima buah adalah: Satu pipa tekan/discharge Satu pipa hisap/suction Satu pipa untuk pengisian freon. Dua pipa untuk pendinginan oli compressor yg terletak pada bagian bawah compressor. Sebelum kita melepaskan compressor yg rusak yaitu dengan cara memanaskan sambungan pipa tekan dan sambungan pipa hisap dengan menggunakan alat pengelasan pada bagian compressor, cabut kabel-kabel yg menuju ke compressor dan pastikan freon pada sistem pendingin/lemari es, sudah anda buang semuanya melalui pipa pengisian, bisa juga anda mencopot dengan memotong langsung sambungan pipa dari ujung dengan cutter.

             Sebelum anda mengganti compressor yang baru, usahakan untuk melakukan flusing sistem pemipaan, hal ini bertujuan untuk membersihkan pipa dari semua kotoran baik oli, kerak agar jalur gas refrigrant berjalan lancar. Untuk cara melakukan flusing bisa anda lihat disini Setelah compressor terlepas dari dudukannya pasang compresor yg baru, bila compressor yg anda ganti menggunakan starting capasitor berarti ada tiga kabel yg menuju ke terminal compressor, jika tidak menggunakannya berarti hanya dua kabel yg menuju ke compressor. Saya sarankan sebelum melakukan pengelasan, coba cek dulu dan tes menjalankan compresor. sebab bila ujung pipa sudah ada bekas las, compresor mengalami kerusakan / macet kita tidak dapat menukarnya kembali. bila compressor dapat beroperasi barulah anda melakukan pengelasan pada pipa tekan dan pipa hisap. Bila jalur pipa tekan terbuat dari besi, sewaktu anda mengelas pergunakan boraks dan kuningan sebagai gantinya perak las, agar jalur pipa tekan dapat menyatu dengan pipa tekan tembaga yg keluar dari compressor dan bersihkan sambungan dari cat ataupun karat. setelah pipa hisap dan pipa tekan sudah selesai di sambung, beralih pada pengelasan pentil pengisian freon. sewaktu melakukan pengelasan pentil, buka pentil agar seal / karet tidak meleleh terkena hantaran panas, setelah terpasang dan lap dengan kain basah agar hawa panas pada pentil cepat menghilang, setelah itu pasang kembali pentil seal dan kencangkan. beralih ketahap pemasangan strainer / filter, terserah anda mau memakai strainer isi silica gel atau strainer kosong / tanpa isi silica gel. 

           Perlu diingat, pemakaian strainer silica gel berkwalitas, agar pada proses pengelasan tidak mudah hancur bikin buntu. pada strainer / filter untuk pipa kapiler ada yg 2 lubang dan 1 lubang (yg dua lubang satunya buat vakum, pasang kapiler 10 cm dan ujungnya biarkan terbuka jangan dilas ) bila pipa kapiler yg berada pada lemari es anda tidak dapat diganti / heat exchanger (pipa kapiler berada didalam jalur pipa hisap/suction) dan pipa kapiler mengalami kebuntuan, anda dapat menggantinya dengan cara melepaskan evaporator yaitu dengan cara memanaskan dengan alat las, tapi sebelumnya luruskan pipa kapiler agar lebih mudah menarik evaporator keluar, bila terlalu sulit bisa anda buat lubang ke belakang asal letak kondensor ada di pinggir. pada type lemari es jaman sekarang jalur pipa suction / hisap dan kapiler dipress didalam body lemari es tersebut. bila anda ingin mengganti pipa kapiler bisa lewat jalur pembuangan air atau membolongi body kulkas dengan bor listrik, tapi hati-hati jangan sampai mengenai pipa dalam body kulkas dan tempatkan pipa kapiler di body luar kulkas dan diplester, lalu sambungkan ke strainer dan pipa kapiler terpasang/sudah dilas, vakum lemari es dengan mesin vakum sampai angka 30" bila anda tidak mempunyai mesin vakum, lakukan vakum body melalui lubang strainer,sesudah vakum lalu di buntu. bila sudah divakum dan jarum pada manifold tidak naik keatas menuju 0 psi berarti tidak ada kebocoran pada sambungan pipa dicompresor, strainer dan pipa kapiler yg baru saja anda las. tapi bila jarum manifold masih naik keatas berarti masih ada kebocoran, cari sampai ketemu kebocoran tersebut.

            Setelah tidak ada ruang kebocoran, operasionalkan lemari es, buka kran manifold pada meter biru kearah kiri sambil melihat jarum yg ada pada manifold dan isi freon secara perlahan-lahan sampai jarum menunjukan angka 20 psi, kemudian stop. (lakukan berulang-ulang jangan langsung isi sampai lebih dari 20 psi agar compressor tidak cepat panas) chek juga ampere compressor dengan clamp meter/tang ampere. liat sudah berapa tekanan freon yg sudah kita isi, sambil mendengarkan apakah ada desiran aliran freon dievaporator. bila ada berarti aliran freon berjalan lancar, isi kembali sampai evaporator rata dipenuhi salju (ini untuk lemari es satu pintu) untuk lemari es dua pintu kita bisa melihatnya dari hembusan fan motornya dibagian pintu atas bila sudah mengeluarkan kabut berarti proses pendinginannya sudah maksimal.
             
            Untuk pengisian freon lemari es tidak dapat dilakukan secara cepat dan mudah seperti mengisi freon pada ac split dan dibutuhkan kesabaran bila ternyata setelah kita isi satu jam kemudian aliran freon mengalami kebuntuan. Untuk mengetahui lemari es yg mengalami kebuntuan, sewaktu kita melakukan pengisian freon dan manifold sudah menunjukan tekanan 10 psi lalu cabut steker lemari es dan lihat apa jarum manifold naik keatas melebihi dari 10 psi? bila jarum dapat naik keatas berarti aliran freon pada sistem berjalan lancar. Proses selanjutnya adalah hidupkan kembali kulkas sampai proses di evaporator ber salju, dan bila sudah keadaan seluruhnya lalu lihat di manifol,tekanan gas kulkas rata-rata dalam keadaan mesin compresor hidup kisaran 10-12 psi. Pencet pipa, potong dan kemudian di las, hal ini dilakukan keadaan mesin masih hidup, karena pada saat hidup tekanan gas dalam keadaan rendah. Demikian berbagi ilmu tentang cara mengganti compresor, bila anda kurang jelas dalam mempraktekkan artikel ini, silahkan komentar dibawah ini :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar