Sabtu, 05 November 2016

CARA PEMBONGKARAN AC SPLIT DENGAN MUDAH



PEMBONGKARAN AC SPLIT 

Hasil gambar untuk PEMBONGKARAN AC SPLIT 


LANDASAN TEORI
2.1 TEORI
Cara bongkar ac split yang benar agar tidak terbuang freon pada pipa ac.yaitu dengan cara di pumpdown atau menyimpan sementara freon di dalam kompresor.yaitu dengan cara pumpdown terlebih dahulu sebelum mencopot instalasi nya dan kemudian memasang kembali.
MANFAAT AIR CONDITIONING ( AC)
AC (Air Conditioning) atau alat pengkondisi udara merupakan modifikasi pengembangan dari teknologi mesin pendingin. Alat ini dipakai bertujuan untuk memberikan udara yang sejuk dan menyediakan uap air yang dibutuhkan bagi tubuh. Penggunaan AC (Air Conditioner) ini sering ditemui di daerah tropis yang terkenal dengan musim panas. Suhu udara pada saat musim panas yang sedemikian tinggi dapat mengakibatkan dehidrasi cairan tubuh yang dapat mengakibatkan kematian.
Selain itu, AC (Air Conditioner) dimanfaatkan sebagai pemberi kenyamanan. Di lingkungan tempat kerja AC (Air Conditioner) juga dimanfaatkan sebagai salah satu cara dalam upaya peningkatan produktivitas kerja. Karena dalam beberapa hal manusia membutuhkan lingkungan udara yang nyaman untuk dapat bekerja secara optimal. Tingkat kenyamanan suatu ruang juga ditentukan oleh temperatur, kelembapan, sirkulasi dan tingkat kebersihan udara.
Seiring dengan perkembangan zaman, perusahaan-perusahaan elektronik mulai membuat AC (Air Conditioner) dengan teknologi yang dapat membunuh virus dan bakteri juga menghemat biaya listrik. PlasmAC ( Air Conditioning )luster dan Inverter merupakan teknologi yang saat ini digunakan oleh produsen AC (Air Conditioner). PlasmAC ( Air Conditioning )luster dirancang untuk dapat membunuh virus dan bakteri di dalam ruangan, sementara inverter dikatakan dapat menghemat energi lebih dari 10%. Teknologi Inverter juga telah berkembang dan telah banyak di gunakan pada produk AC yang mereka klaim dapat menghemat energi lebih dari 50%, teknologi itu diberi nama Smart Inverter.

05
 2.2 KESELAMATAN KERJA
       1. sebelum bekerja di utamakan membaca doa terlebih dahulu agar selamat saat bekerja.
2.pakailah pakaian praktek,sarung tangan,dan sepatu kerja supaya terhindar dari kecelakaan kerja.
3.pakailah pelindung mata agar tidak ada sampah atau sejenisnya yang bisa mengganggu penglihatan.
4.usahakan tempat yang di jadikan untuk kita bekerja harus bersih dan tidak licin
2.3.ALAT DAN BAHAN
·         Analizer
·         Kunci inggris
·         Kunci L ukuran 4 mm
·         obeng plus

2.2 LANGKAH KERJA
Cara bongkar ac split yang benar yaitu sebagai berikut:
·         Langkah yang paling awal yaitu mempersiapkan alat seperti analizer,kunci inggris,kunci L ukuran 4 mm dan obeng plus.
·         Langkah pertama teknik pumpdown yang benar,pertama tama pasang anilizer pada pentil.kemudian buka tutup kran,pipa tekanan atau pipa yang kecil dengan kunci inggris kemudian masukan kunci L dan putar searah jarum jam sampai habis.kemudian selanjutnya nyalakan ac.tunggu sampai outdoor menyala,kalau sudah menyala kita lihat jarum anilizer mulai bergerak turun tekanan nya.


 
 


·         Setelah jarum sampai pada angka nol kemudian tutup kran pipa tekanan rendah segera karna kalau kelamaan nanti takutnya ada udara yang ikut masuk ke dalam kompresor.
·         Tutup kran pipa ukuran besar dengan kunci L ukuran 4 mm sampai habis.setelah selesai menutup kran pipa,kemudian matikan ac dengan remot control atau mencabut
stop kontak nya.setelah itu pipa bisa langsung di copot dengan mengendurkan baut nepel nya dengan kunci inggris
.
·         Lalu buka tutup teminal kabel kontrol dari indoor ke outdoor.selanjutnya tinggal menurunkan unit indoor dan outdoor.dengan cara bongkar ac split sperti ini maka freon akan tersimpan di dalam kompresor ac split.
                                                       



07
                                                       BAB III
                                                   KEGIATAN
3.1 MASALAH
Ketika pada saat menurunkan indoor pastikan nepel sudah di lepas karna kalau tidak di lepas tidak bisa di turunkan indoor maupun outdoor nya.dan ketika menurunkan outdoor nya terkadang pekerja nya sampai jatuh karna tidak kuat atau tidak tahan.
3.2 PEMECAHAN MASALAH
Sebelum menurunkan indoor maupun outdoor kendurkan nepel menggunakan kunci inggris sampai habis.dan ketika menurunkan outdoor di usakan menurunkan nya dengan dua orang atau pekerja yang badan nya besar agar tidak terjadi kecelakaan kerja seperti outdoor nya jatuh atau terbanting ke bawah.

                                                BAB IV
                                             PENUTUP
4.1 KESIMPULAN
Pembongkaran ac split adalah suatu pekerjaan yang terbilang susah kalau tidak tau cara-caranya.ada baiknya mengetahui terlebih dahulu cara-cara pembongkaran ac split dengan tidak membuang freon.
4.2 SARAN
Usahakan ketika menurunkan outdoor ac split,turunkan dengan perlahan-lahan,jika terlalu tergesa-gesa,itu akan mendatangkan kecelakaan kerja seperti terbanting dan terjatuh dari tangga,dan lebih fatal nya lagi outdoor nya jatuh.itu akan membuat komponen-komponen yang ada dalam outdoor ac split menjadi rusak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar